Tumbuhkan bakatmu!


Pelatihan Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Berdiferensiasi

(15/7/2023) Sungguh beruntung GTK SD Mujonta sabtu ini karena kepala sekolah SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari, bapak Joko Kiswanto, S.Pd.I., M.Pd. berkenan untuk berbagi ilmu. Tema IHT kali ini adalah seputar implementasi Kurikulum Merdeka serta pembelajaran berdiferensiasi. Kedatangan beliau juga merupakan tindak lanjut dari studi tiru yang telah kami laksanakan 5 Juli yang lalu ke SD Al-Mujahidin.

Bahwasannya pemerintah telah menetapkan paket Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka, ini tidak menutup kemungkinan bagi guru untuk merumuskan hal spesifik dan esensial tentangnya. Setelah CP dipahami, pelaku implementasi membuat alur tujuan pembelajaran yang berisi konten dan kompetensi yang ingin diupayakan. Lalu setelahnya, perangkat ajar dikembangkan sesuai dengan kelas berapa pelajaran tersebut diberikan.

Kontrasnya pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran konvensional menjadi tantangan tersendiri bagi para guru SD Mujonta. Jika sebelumnya guru memandang bahwa perkembangan belajar siswa sama rata, sekarang pendidik diharuskan untuk memfasilitasi ragam perkembangan belajar mereka dalam satu sesi pembelajaran. Di sinilah letak keterlibatan dan kepemilikan akan proses belajar pada siswa sendiri. Melalui pelatihan singkat yang dipimpin oleh bapak Joko Kiswanto, diharapkan agar perubahan proses belajar terjadi secara berangsur-angsur. (amhxr)